PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
KAITAN PTK DENGAN PENELITIAN LAIN
PENELITIAN LAIN:
MERUPAKAN LANGKAH AWAL DARI PTK
PTK :
MERUPAKAN TINDAK LANJUT DARI JAWABAN PENELITIAN LAIN
PTK = LESSON STUDY
n LESSON STUDY = STUDY TENTANG LESSON
n MENCERMATI PROSES LESSON
n PTK = REYEN METODA
– REYEN CARA
– REYEN PENDEKATAN
PERBEDAAN PENELITIAN LAIN DENGAN PTK
- PENELITIAN LAIN INGIN TAHU APA YANG SUDAH TERJADI. PTK INGIN TAHU APA YANG SEDANG TERJADI
2. AKHIR KEGIATAN PENELITIAN LAIN UNTUK MEMBERI SARAN AKHIR PTK UNTUK PERBAIKAN RENCANA KEGIATAN
PERBEDAAN PENELITIAN EKSPERIMEN DENGAN PTK
1. PENELITIAN EKSPERIMEN PADA UMUMNYA DILAKUKAN SATU KALI, PTK BEBERAPA KALI SIKLUS
2. PENELITIAN EKSPERIMEN MENEKANKAN HASIL, PTK MENEKANKAN PADA PROSES
ANALISIS PROSES
UNSUR PROSES :
- SUBYEK TINDAKAN
- SUASANA PROSES
- KELANCARAN PROSES
MAKNA TINDAKAN
KEGIATAN YANG DIRANCANG SEBAGAI PERLAKUAN
DIBERIKAN OLEH PENELITI KEPADA SUBJEK TINDAKAN
SUBJEK TINDAKAN TIDAK HANYA DISURUH MELAKUKAN HAL YANG RUTIN TETAPI MELAKUKAN TINDAKAN.
DALAM PENELITIAN TINDAKAN
DUA PIHAK YANG TERKAIT :
* PENELITI TINDAKAN : “ ? “
* SUBJEK TINDAKAN : “ ? “
PENELITIAN TINDAKAN
KEGIATAN ILMIAH YANG HARUS MEMENUHI PERSYARATAN:
n DIRENCANAKAN DENGAN BAIK
n DICERMATI PELAKSANAANNYA
n DIEVALUASI TINGKAT KETERLAKSANAANNYA
MAKNA PENELITIAN TINDAKAN
• KEGIATAN ILMIAH MENCERMATI PROSES KEBERLANGSUNGAN TINDAKAN, MENGGUNAKAN METODE ILMIAH:
* MENCERMATI PERENCANAAN
* MENCERMATI PELAKSANAAN
* MENCERMATI DAMPAK ATAU HASILNYA
MAKSUD MELAKUKAN TINDAKAN
n MENCOBAKAN TINDAKAN UNTUK MENGETAHUI DAMPAK TERHADAP BERBAGAI ASPEK BERLANGSUNGNYA TINDAKAN
n MENGARAHKAN PERILAKU SUBJEK TINDAKAN AGAR SESUAI DENGAN MAKSUD DIBERINYA TINDAKAN
n MENCERMATI DAMPAK DILAKUKANNYA TINDAKAN PADA DIRI SUBJEK TINDAKAN
TUJUAN MELAKUKAN PTK
Ú MEMPEROLEH DATA TENTANG:
– DAMPAK TINDAKAN PADA BERBAGAI ASPEK PADA DIRI SUBJEK TINDAKAN
– KELANCARAN PELAKSANAAN TINDAKAN
– HASIL NYATA PADA DIRI SUBJEK TINDAKAN
A L U R P I K I R I L M I A H
MASALAH/PERMASALAHAN
Ú SITUASI YANG TIDAK MEMUASKAN/ GANJALAN PIKIRAN DAN PERASAAN YANG MENDORONG PENELITI UNTUK MENCARI SOLUSI
Ú TEORI YANG DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN ACUAN / PENDUKUNG PEMIKIRAN / IDE / GAGASAN UNTUK SOLUSINYA
PEMILIHAN MASALAH/ PERMASALAHAN
Ú MENGIKUTI PRINSIP SMART
Ú DIDASARKAN ATAS PEMIKIRAN YANG KREATIF DAN INOVATIF MENGACU PADA TUJUAN DAN TEORI TENTANG PEMBELAJARAN / AZAS-AZAS DIDAKTIK MENGAJAR
Ú MENGINGAT MUTU DAN EFEKTIVITAS MENGAJAR YANG BERHASIL
PRINSIP PERENCANAAN
Ú S = SPECIFIC, KHUSUS, TERTENTU
Ú M = MANAGABLE, DAPAT DILAKSANAKAN, MEASURABLE, DAPAT DIUKUR
Ú A = ACCEPTABLE, DAPAT DITERIMA, ACHIEVABLE, DAPAT DICAPAI
Ú R = REALISTIC, SESUAI KENYATAAN
Ú T = TIME-BOUND, WAKTU DIBATASI
Objek spesifik
Ú Topik tidak terlalu umum tetapi memberi kesempatan dilakukan siklus minimum 2 kali (jamnya tidak terlalu sedikit)
Ú Bukan masalah pendidikan yang terlalu umum
Dapat dilaksanakan
Ú Tidak terlalu memakan waktu
Ú Tidak rumit
Ú Terdukung oleh sumber daya:
-- Dana
-- Orang
-- Sarana
Realistik = sesuai kenyataan
Ú Dalam lingkungan subjek
Ú Dibenarkan oleh kepala sekolah
Ú Dibuat sesudah jabatan terakhir
Ú Masuk pengembangan profesi
DAPAT DITERIMA
Ú DISETUJUI OLEH SUBJEK TINDAKAN KARENA:
– MENARIK MINAT
– MENGAKTIFKAN
– MENDUKUNG KERJASAMA
– MENINGKATKAN HASIL
TIME BOUND ADA BATASAN WAKTU
Ú SESUAI JANGKA WAKTU UNTUK PELAKSANAAN
Ú WAKTU MENUNJUKKAN SAAT SECARA TEPAT
Ú RUNTUT SEJAK AWAL SAMPAI AKHIR
PESERTA DIDIK BELAJAR
r 10% DARI APA YANG DIDENGAR
r 20% DARI APA YANG DIBACA
r 30% DARI APA YANG DILIHAT
r 50% DARI APA YANG DILIHAT DAN DIDENGAR
r 70% DARI APA YANG DIKATAKAN
r 90% DARI APA YANG DIKATAKAN DAN DILAKUKAN
RUMUSAN MASALAH
r MERUPAKAN PERTANYAAN YANG AKAN DICARI JAWABNYA MELALUI PENELITIAN
r BERUPA KALIMAT PERTANYAAN
r DIRUMUSKAN SECARA RINCI YANG MENUNJUK PADA PROSES DAN HASIL
KAJIAN TEORI
- BERFUNGSI SEBAGAI PENDUKUNG GAGASAN PENELITI
- USAHAKAN SEKURANG-KURANGNYA 5 SUMBER/BUKU/AHLI,TERKAIT DENGAN:
1. SPESIFIKASI OBJEK
2. TEORI PEMBELAJARAN
3. PROSES METODE/CARA/TEKNIK
4. SUBJEK TINDAKAN-ILMU JIWA UMUM, ILMU JIWA PERKEMBANGAN
5. ILMU PENDIDIKAN
6. TEORI MANAJEMEN
7. TEORI KOMUNIKASI
KAJIAN PUSTAKA
n YANG SALAH :
1. Hanya menumpuk teori
2. Tidak ada kesimpulan dan maksud pendapat peneliti
n YANG BETUL :
1. Beberapa teori yang terkait
2. Ada kaitan antara Tindakan dengan hasil.
PERSYARATAN PTK
r KEGIATAN UNTUK SUBJEK TINDAKAN YANG BERBEDA DARI BIASANYA, HARUS BARU, EKSKLUSIF, KREATIF
r SUBJEK TINDAKAN KOMUNAL, SEMUA SISWA, BUKAN SEKELOMPOK SISWA TERTENTU-HANYA YANG BERMASALAH SAJA
r DILAKSANAKAN DALAM SIKLUS, SEKURANG-KURANGNYA DUA SIKLUS -OLEH KARENA ITU DAPAT DISEBUT EKSPERIMEN BERKELANJUTAN DAN BERKESINAMBUNGAN
SIKLUS PENELITIAN TINDAKAN
PERTEMUAN DALAM SIKLUS
– Pertemuan 1 :
* Mencoba
– Pertemuan 2 :
* Memperbaiki
– Pertemuan 3 :
* Memantapkan
PERENCANAAN
n Menyusun langkah tindakan
n Menyusun Instrumen ( lembar pengamatan, angket )
IKUTI PRINSIP 5W + H
n WHAT = APA YANG DILAKUKAN
n WHY = ALASAN
n WHO = SIAPA YANG MELAKUKAN
n WHEN = KAPAN DAN BERAPA LAMA
n WHERE = DIMANA DILAKUKAN
n HOW = BAGAIMANA PROSES MELAKUKAN
UNSUR JUDUL PTK
- WHAT = Apa yang di tingkatan
- WHO = Siapa yang ditingkatkan
- HOW = Bagaimana meningkatan
CONTOH PENERAPAN
n WHAT = Meningkatkan Ketrampilan
n WHO = Anggota Karang Taruna
n HOW = Melalui Pengamatan Silang
SISTEMATIKA TULISAN
n LAPORAN PTK
– BAB I : PENDAHULUAN
– BAB II : KAJIAN PUSTAKA
– BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
– BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
– BAB V : KESIMPULAN
n MAKALAH TINJAUAN:
– BAB I DAN BAB II SAMA DENGAN PTK
– BAB III : IDE/GAGASAN
– BAB IV : KESIMPULAN
PERSONIL PENGAMAT
n ADA DUA KEMUNGKINAN:
– PENELITI SENDIRI, MENCOBA BERBUAT OBJEKTIF DAN CERMAT
– ORANG LAIN:
n KOLABORATOR-PENELITI PASANGAN
n ORANG LAIN YANG MEMBANTU MENGAMATI PROSES TINDAKAN
PENELITIAN KOLABORASI
n DILAKUKAN OLEH DUA PENELITI
n SEBAGAI PENELITI DAN PENGAMAT BERGANTIAN DI DUA TEMPAT
REFLEKSI TINDAKAN
n Perenungan proses yang lalu
n Di akhir siklus
n Peserta Refleksi :
-Peneliti
- Pengemat
- Subjek tindakan
PENTING SEKALI HARUS ADA DALAM LAPORAN
n BUKTI PELAKSANAAN, MISALNYA PENJELASAN PROSES DENGAN FOTO
n SEMUA INSTRUMEN PENGUMPUL DATA
n LEMBAR PENGAMATAN SECARA RINCI
MODAL UNTUK MELAKUKAN PTK
– N I A T M A N T A P
– S E M A N G A T K U A T
– K O M I T M E N T I N G G I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar