Pages

Senin, 07 November 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : MAN Yogyakarta III

Mata Pelajaran : Fisika

Kelas / Semeter : X / 1

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 pertemuan)

Tahun Pelajaran : 2010 / 2011

A. Standar kompetensi :

Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.

B. Kompetensi Dasar :

Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan.

C. Indikator :

1. Membuktikan konsep GJB melalui percobaan

2. Menganalisis GJB melalui percobaan

D. Tujuan:

1. Mengetahui kecepatan akhir suatu benda dengan variasi ketinggian

2. Menyelidiki jenis gerak suatu benda

E. Materi Pembelajaran :

Gerak jatuh bebas adalah gerak dari suatu benda yang dijatuhkan daru suatu ketinggian tertentu diatas tanah tanpa kecepatan awal dan dalam geraknya mengalami percepatan gravitasi yang tetap. Contoh: Buah yang jatuh ketanah.

vt = g t

h = gt2

vt2 = 2gh

Syarat GJB, vo = 0 dan g = a

F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran :

Pendekatan : Keterampilan proses

Metode pembelajaran : Eksperimen

G. Langkah-langkah Pembelajaran (45 menit):

Satu Kali Pertemuan

Kegiatan Awal (10 menit)

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Durasi Waktu

Guru Memberikan salam pembuka dan berdoa sebelum melakukan pelajaran dan mengecek kehadiran siswa

Menjawab salam dari guru dan ikut berdoa.

5 menit

Guru memancing siswa untuk mengingat sedikit tentang materi GLBB

Siswa menjawab setiap pertanyaan dari guru

5 menit

Kegiatan Inti (35 menit)

Nama kegiatan

Kegiatan Pembelajaran

Durasi Waktu

Eksplorasi

- Siswa melakukan eksperimen sesuai dengan instruksi yang ada.

10 menit

Elaborasi

- Siswa berkumpul dengan masing-masing kelompok dan melakukan eksperimen sesuai dengan tugas yang telah diberikan.

- Menganalisis hasil eksperimen dengan masing-masing kelompok

- Siswa mengerjakan tugas yang diberikan selama bereksperimen.

20 menit

Konfirmasi

- Memberikan penguatan tentang tujuan eksperimen yang telah dilaksanakan.

- Mengklarifikasi hasil eksperimen

5 menit

Kegiatan Akhir (10 menit)

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Durasi Waktu

Guru mengakhiri pelajaran dengan memberi beberapa arahan dalam penulisan laporan percobaan, analisis data, kesempatan siswa untuk bertanya.

Siswa menanyakan hal-hal yang kurang jelas berhubungan dengan percobaan yang baru dikerjakan.

7 menit

Guru menutup pelajaran dengan salam dan berdoa

Siswa menjawab salam dan ikut berdoa

3 menit

H. Alat / Sumber Belajar :

1. Sumber Belajar :

Purwoko dan Fendi. 2009. Physics 1 For Senior High School Year X. Jakarta: Yudistira.

Marthen Kanginan.1995. Fisika SMU Edisi Kedua Jilid 1A Kelas 1. Jakarta: Erlangga.

D.L.Tobing. 1996. Fisika Dasar 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

2. Alat-alat :

Bola, meteran/ penggaris, stopwatch.

I. Penilaian :

1. Aspek Psikomotorik

- Bentuk Instrumen : lembar observasi kinerja siswa (terlampir)

2. Aspek Afektif

- Bentuk Instrumen : lembar observasi siswa (terlampir)

Guru Pembimbing PLP

Nur Sulhiyatun, S.Pd.

NIP : 19741020 200501 2 002

Yogyakarta, 22 Oktober 2010

Mahasiswa PLP

Siti Fatimah

NIM : 07690025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar