Pages

Senin, 07 November 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

KAITAN PTK DENGAN PENELITIAN LAIN

PENELITIAN LAIN:

MERUPAKAN LANGKAH AWAL DARI PTK

PTK :

MERUPAKAN TINDAK LANJUT DARI JAWABAN PENELITIAN LAIN

PTK = LESSON STUDY

n LESSON STUDY = STUDY TENTANG LESSON

n MENCERMATI PROSES LESSON

n PTK = REYEN METODA

REYEN CARA

REYEN PENDEKATAN

PERBEDAAN PENELITIAN LAIN DENGAN PTK

  1. PENELITIAN LAIN INGIN TAHU APA YANG SUDAH TERJADI. PTK INGIN TAHU APA YANG SEDANG TERJADI

2. AKHIR KEGIATAN PENELITIAN LAIN UNTUK MEMBERI SARAN AKHIR PTK UNTUK PERBAIKAN RENCANA KEGIATAN

PERBEDAAN PENELITIAN EKSPERIMEN DENGAN PTK

1. PENELITIAN EKSPERIMEN PADA UMUMNYA DILAKUKAN SATU KALI, PTK BEBERAPA KALI SIKLUS

2. PENELITIAN EKSPERIMEN MENEKANKAN HASIL, PTK MENEKANKAN PADA PROSES

ANALISIS PROSES

UNSUR PROSES :

  1. SUBYEK TINDAKAN
  2. SUASANA PROSES
  3. KELANCARAN PROSES

MAKNA TINDAKAN

* KEGIATAN YANG DIRANCANG SEBAGAI PERLAKUAN

* DIBERIKAN OLEH PENELITI KEPADA SUBJEK TINDAKAN

* SUBJEK TINDAKAN TIDAK HANYA DISURUH MELAKUKAN HAL YANG RUTIN TETAPI MELAKUKAN TINDAKAN.

DALAM PENELITIAN TINDAKAN

* DUA PIHAK YANG TERKAIT :

* PENELITI TINDAKAN : “ ? “

* SUBJEK TINDAKAN : “ ? “

PENELITIAN TINDAKAN

KEGIATAN ILMIAH YANG HARUS MEMENUHI PERSYARATAN:

n DIRENCANAKAN DENGAN BAIK

n DICERMATI PELAKSANAANNYA

n DIEVALUASI TINGKAT KETERLAKSANAANNYA

MAKNA PENELITIAN TINDAKAN

KEGIATAN ILMIAH MENCERMATI PROSES KEBERLANGSUNGAN TINDAKAN, MENGGUNAKAN METODE ILMIAH:

* MENCERMATI PERENCANAAN

* MENCERMATI PELAKSANAAN

* MENCERMATI DAMPAK ATAU HASILNYA

MAKSUD MELAKUKAN TINDAKAN

n MENCOBAKAN TINDAKAN UNTUK MENGETAHUI DAMPAK TERHADAP BERBAGAI ASPEK BERLANGSUNGNYA TINDAKAN

n MENGARAHKAN PERILAKU SUBJEK TINDAKAN AGAR SESUAI DENGAN MAKSUD DIBERINYA TINDAKAN

n MENCERMATI DAMPAK DILAKUKANNYA TINDAKAN PADA DIRI SUBJEK TINDAKAN

TUJUAN MELAKUKAN PTK

Ú MEMPEROLEH DATA TENTANG:

DAMPAK TINDAKAN PADA BERBAGAI ASPEK PADA DIRI SUBJEK TINDAKAN

KELANCARAN PELAKSANAAN TINDAKAN

HASIL NYATA PADA DIRI SUBJEK TINDAKAN

A L U R P I K I R I L M I A H

MASALAH/PERMASALAHAN

Ú SITUASI YANG TIDAK MEMUASKAN/ GANJALAN PIKIRAN DAN PERASAAN YANG MENDORONG PENELITI UNTUK MENCARI SOLUSI

Ú TEORI YANG DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN ACUAN / PENDUKUNG PEMIKIRAN / IDE / GAGASAN UNTUK SOLUSINYA

PEMILIHAN MASALAH/ PERMASALAHAN

Ú MENGIKUTI PRINSIP SMART

Ú DIDASARKAN ATAS PEMIKIRAN YANG KREATIF DAN INOVATIF MENGACU PADA TUJUAN DAN TEORI TENTANG PEMBELAJARAN / AZAS-AZAS DIDAKTIK MENGAJAR

Ú MENGINGAT MUTU DAN EFEKTIVITAS MENGAJAR YANG BERHASIL

PRINSIP PERENCANAAN

Ú S = SPECIFIC, KHUSUS, TERTENTU

Ú M = MANAGABLE, DAPAT DILAKSANAKAN, MEASURABLE, DAPAT DIUKUR

Ú A = ACCEPTABLE, DAPAT DITERIMA, ACHIEVABLE, DAPAT DICAPAI

Ú R = REALISTIC, SESUAI KENYATAAN

Ú T = TIME-BOUND, WAKTU DIBATASI

Objek spesifik

Ú Topik tidak terlalu umum tetapi memberi kesempatan dilakukan siklus minimum 2 kali (jamnya tidak terlalu sedikit)

Ú Bukan masalah pendidikan yang terlalu umum

Dapat dilaksanakan

Ú Tidak terlalu memakan waktu

Ú Tidak rumit

Ú Terdukung oleh sumber daya:

-- Dana

-- Orang

-- Sarana

Realistik = sesuai kenyataan

Ú Dalam lingkungan subjek

Ú Dibenarkan oleh kepala sekolah

Ú Dibuat sesudah jabatan terakhir

Ú Masuk pengembangan profesi

DAPAT DITERIMA

Ú DISETUJUI OLEH SUBJEK TINDAKAN KARENA:

MENARIK MINAT

MENGAKTIFKAN

MENDUKUNG KERJASAMA

MENINGKATKAN HASIL

TIME BOUND ADA BATASAN WAKTU

Ú SESUAI JANGKA WAKTU UNTUK PELAKSANAAN

Ú WAKTU MENUNJUKKAN SAAT SECARA TEPAT

Ú RUNTUT SEJAK AWAL SAMPAI AKHIR

PESERTA DIDIK BELAJAR

r 10% DARI APA YANG DIDENGAR

r 20% DARI APA YANG DIBACA

r 30% DARI APA YANG DILIHAT

r 50% DARI APA YANG DILIHAT DAN DIDENGAR

r 70% DARI APA YANG DIKATAKAN

r 90% DARI APA YANG DIKATAKAN DAN DILAKUKAN

RUMUSAN MASALAH

r MERUPAKAN PERTANYAAN YANG AKAN DICARI JAWABNYA MELALUI PENELITIAN

r BERUPA KALIMAT PERTANYAAN

r DIRUMUSKAN SECARA RINCI YANG MENUNJUK PADA PROSES DAN HASIL

KAJIAN TEORI

  1. BERFUNGSI SEBAGAI PENDUKUNG GAGASAN PENELITI
  1. USAHAKAN SEKURANG-KURANGNYA 5 SUMBER/BUKU/AHLI,TERKAIT DENGAN:

1. SPESIFIKASI OBJEK

2. TEORI PEMBELAJARAN

3. PROSES METODE/CARA/TEKNIK

4. SUBJEK TINDAKAN-ILMU JIWA UMUM, ILMU JIWA PERKEMBANGAN

5. ILMU PENDIDIKAN

6. TEORI MANAJEMEN

7. TEORI KOMUNIKASI

KAJIAN PUSTAKA

n YANG SALAH :

1. Hanya menumpuk teori

2. Tidak ada kesimpulan dan maksud pendapat peneliti

n YANG BETUL :

1. Beberapa teori yang terkait

2. Ada kaitan antara Tindakan dengan hasil.

PERSYARATAN PTK

r KEGIATAN UNTUK SUBJEK TINDAKAN YANG BERBEDA DARI BIASANYA, HARUS BARU, EKSKLUSIF, KREATIF

r SUBJEK TINDAKAN KOMUNAL, SEMUA SISWA, BUKAN SEKELOMPOK SISWA TERTENTU-HANYA YANG BERMASALAH SAJA

r DILAKSANAKAN DALAM SIKLUS, SEKURANG-KURANGNYA DUA SIKLUS -OLEH KARENA ITU DAPAT DISEBUT EKSPERIMEN BERKELANJUTAN DAN BERKESINAMBUNGAN

SIKLUS PENELITIAN TINDAKAN

PERTEMUAN DALAM SIKLUS

Pertemuan 1 :

* Mencoba

Pertemuan 2 :

* Memperbaiki

Pertemuan 3 :

* Memantapkan

PERENCANAAN

n Menyusun langkah tindakan

n Menyusun Instrumen ( lembar pengamatan, angket )

IKUTI PRINSIP 5W + H

n WHAT = APA YANG DILAKUKAN

n WHY = ALASAN

n WHO = SIAPA YANG MELAKUKAN

n WHEN = KAPAN DAN BERAPA LAMA

n WHERE = DIMANA DILAKUKAN

n HOW = BAGAIMANA PROSES MELAKUKAN

UNSUR JUDUL PTK

  1. WHAT = Apa yang di tingkatan
  2. WHO = Siapa yang ditingkatkan
  3. HOW = Bagaimana meningkatan

CONTOH PENERAPAN

n WHAT = Meningkatkan Ketrampilan

n WHO = Anggota Karang Taruna

n HOW = Melalui Pengamatan Silang

SISTEMATIKA TULISAN

n LAPORAN PTK

BAB I : PENDAHULUAN

BAB II : KAJIAN PUSTAKA

BAB III : METODOLOGI PENELITIAN

BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V : KESIMPULAN

n MAKALAH TINJAUAN:

BAB I DAN BAB II SAMA DENGAN PTK

BAB III : IDE/GAGASAN

BAB IV : KESIMPULAN

PERSONIL PENGAMAT

n ADA DUA KEMUNGKINAN:

PENELITI SENDIRI, MENCOBA BERBUAT OBJEKTIF DAN CERMAT

ORANG LAIN:

n KOLABORATOR-PENELITI PASANGAN

n ORANG LAIN YANG MEMBANTU MENGAMATI PROSES TINDAKAN

PENELITIAN KOLABORASI

n DILAKUKAN OLEH DUA PENELITI

n SEBAGAI PENELITI DAN PENGAMAT BERGANTIAN DI DUA TEMPAT

REFLEKSI TINDAKAN

n Perenungan proses yang lalu

n Di akhir siklus

n Peserta Refleksi :

-Peneliti

- Pengemat

- Subjek tindakan

PENTING SEKALI HARUS ADA DALAM LAPORAN

n BUKTI PELAKSANAAN, MISALNYA PENJELASAN PROSES DENGAN FOTO

n SEMUA INSTRUMEN PENGUMPUL DATA

n LEMBAR PENGAMATAN SECARA RINCI

MODAL UNTUK MELAKUKAN PTK

N I A T M A N T A P

S E M A N G A T K U A T

K O M I T M E N T I N G G I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar