Pages

Senin, 07 November 2011

PERBANDINGAN ANTARA TES DIAGNOSTIK, FORMATIF, DAN SUMATIF

ASPEK yang DITINJAU

DIAGNOSTIK

FORMATIF

SUMATIF

Fungsi

Penjajagan, tingkat penguasaan, placement test, kesulitan

Umpan balik (siswa, guru, dll) ttg pelaksanaan unit pelajaran

Penentuan kemampuan posisi siswa terhadap yang lain

Waktu

Saat seleksi, pembagian kelas, selama pelajaran berlangsung

Selama pelajaran berlangsung

Akhir unit waktu (cawu, semester)

Titik Berat Penilaian

Tingkah laku kognitif, afektif, dan psikomotorik. Faktor fisik, psikologis, dan lingkungan

Penekanan pada kognitif

Pada umumnya kognitif (namun tingkat yang lebih tinggi)

Alat Evaluasi

TPB standar, Tes Diag. Standar, Observasi, Check list.

TPB

Tes Ujian Akhir

Pilihan Tujuan Evaluasi

Keterampilan prasyarat, dll.

Tujuan Instruksional Khusus

Tujuan Instruksional Umum

Tingkat Kesulitan

Keterampilan dasar (indeks kesukaran 0,65 atau lebih)

-

Tingkat kesulitan (indeks kesukaran) antara 0,35-0,70.

Skoring

Standar Mutlak (criterion referenced)

Standar Normal (norm-referenced)

Standar Mutlak (criterion referenced)

Kebanyakan menggunakan Standar relatif (norm-referenced)

Tingkat Pencapaian

Bervariasi (untuk tes prasyarat dituntut 100 %)

Tingkat pencapaian TIK (kur. 1975) : 75 %

“Tidak ditentukan”

Cara Pencatatan Hasil

Dilaporkan dalam bentuk profil

Dilaporkan dalam bentuk catatan berhasil atau gagal

Dilaporkan dalam bentuk keseluruhan atau sebagian skor dari tujuan yang dicapai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar